Saat Anak Kecil Menyebutmu Seperti Anjing

Saat anak2 blg, “tante/om lucu deh mirip anjing” ato langsung bilang “tante/om seperti anjing” tapi dengan nada manis nan manja, reaksi seperti apa yg bakal ada pada saat itu?? Marah? Tersinggung? Ato malah tersenyum??

Ada 1 kejadian lucu sebenernya. Tapi karena kita sbg org dewasa terbiasa bahwa mengatakan org lain anjing itu berarti memaki, ya otomatis kita anggap itu suatu penghinaan. Padahal laen org dewasa, laen juga anak2.

Contoh, gw punya anak angkat (anak temen gw yg uda gw anggap anak sendiri) krn uda tau karakternya dr dia bayi smp skrg jadi kita paham lah spt apa anak ini. One day, dia blg begini ke gurunya, “miss, miss kayak anjing loo” bisa dibayangkan dia ngmg spt itu sambil bisik2 dan senyum2. Tapi bagaimana reaksi miss nya?? Jelas tersinggung. Kenapa? Ya karena manusia disamain sama anjing jelas menghina – buat kita org dewasa. Dan otomatis berpikir, oo.. ni anak dirmh ga tau diajar nih sm ortunya. Langsung nge-judge bokkk..

Tapi buat anak2?? Buat dia anjing itu lucu, imut dan menggemaskan.

Gw bisa bilang gini krn ni anak salah satu makhluk Tuhan paling lembut yg pernah gw temui. Ati nya luar biasa aluss.. apalagi dia masi anak2 dan disekitar dia – fyi kita semua pantang maki2 di depan anak kecil karena kita berusaha mengajarkan yg terbaik. Jadi so far dia blm paham gimana cara maki2 org laen.

Dari sini, bisa dilihat bagaimana parahnya kita sbg org dewasa. Sedikit2 mikir negatif. Mau maki org juga tetep pihak laen yg disalahkan (dlm hal ini si anjing) terus kalo sdh spt ini anak2 bingung. Pdhal maksud dia bukan memaki tapi memuji karena dia suka anjing dan anjing itu lucu.

Dari sini kita sbg org dewasa harusnya belajar loo.. kenapa siy kita harus memaki dan nge-judge org laen kurang ajar dan ga sopan? Pdhal anak2 aja menyamakan kita dgn binatang dlm konteks yg luar biasa manis. Bukan dlm konteks memaki/menghina org laen.

Kalo sdh seperti ini gimana dunk? Apa si anak salah? Ato kita sbg org dewasa yg hrs lbh instropeksi diri sblm kita menghina dan nge-judge org laen? Ato.. kita harus cari kata baru untk menyampaikan uneg2 kita??

#ayokajaranakkita #anakkitamanis #anakkitapolos #jadikananakindonesiabebasmenghakimi #jangansukamenghakimi #jangangampangtersinggung #berpikirlahdarisisianakkecil

Yenny Lee

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s